Wednesday, December 19, 2012

APAKAH KONSEP POSDCORB RELEVAN JIKA DITERAPKAN PADA SAAT INI.?


Lutther Gulick dan Urwick mengemukakan suatu prinsip tentang administrasi negara yang lebih dikenal dengan singkatan POSDCORB (Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordianting, Reporting, Budgeting).

          Konsep ini muncul dikarenakan pada saat itu terjadi Era Great Deppresion dan Perang Dunia ke II, dan pada saat itu negara dihadapkan pada suatu masalah-masalah peperangan dan masalah ekonomi.

          Pada saat itu Administrasi publik di hadapkan pada suatu masalah tentang bagaimana merencanakan, mengorganisasi, menyiapkan staff, memimpin, dan sebagainya dalam kaitan menyiapkan hal-hal yang taktis maupun urgen.

          Berbicara tentang  relevan atau tidaknya konsep POSDCORB ini dengan keadaan pada saat ini bila diterapkan, menurut pandangan saya yang saya dapatkan dari sebuah kesimpulan dari para ahli maupun analisa saya, konsep ini jika di terapkan pada saat zaman sekarang ini tidak relevan, dikarenakan konsep ini dibuat atau dimunculkan pada saat terjadi sebuah era yang bernama Era Great depresion, sedangkan pada saat sekarang ini era itu sudah tidak ada lagi.

          Alasan kedua mengapa saya mempunyai sebuah pandangan bahwa konsep ini tidak relevan jika diterapkan adalah karena pada saat itu pula sedang terjadi sebuah peperangan yang sangat luar biasa, yang lebih dikenal dengan Perang Dunia II, dimana negara-negara pada saat itu dihadapkan pada suatu masalah peperangan dan masalah ekonomi. Dan negara pada saat itu pula dihadapkan pada masalah-masalah tentang bagaimana merencanakan, mengorganisasi, maupun mnyiapkan staff dengan tujuan untuk memyiapkan suatu hal yang bersifat statis dan urgen.

          Dan pada saat itu banyak orang menamakan masa-masa itu adalah masa “Ortodok Kesiangan” bagi administrasi negara.

          Adapun pendapat atau pandangan para ahli yang mengkritik konsep administrasi negara tersebut yang membuat saya mengatakan atau mempunyai pandangan bahwa konsep ini tidak relevan bila diterapkan pada saat ini dengan banyak mengeluarkan konsep-konsep baru, salah satunya Herbert A.simon dengan bukunya Administrative Behavior.

          Simon mengungkapkan bahwa ”POSDCORB tidak relevan dengan tugas administrasi publik yang kompleks, kemudian POSDCORB memaksa administrasi publik untuk jauh dari realitas ekonomimaupun kondisi sosial dan politik, POSDCORB tidak kemudian dijiwai alur berpikir metodologik, POSDCORB tidak lebihdari sebuah akronim, POSDCORB tidak bisa membedakan antara Realitas (fakta) dengan prinsip (nilai)”.[1]
          Konsep ini juga tidak relevan jika diterpakan pada saat ini karna Orde POSDCORB ini sudah berakhir dikarenakan banyak hal, diantaranya, yaitu ketika banyak para teoritis yang menyerang konsep ini, seperti Dwight waldo, Norton Long, James Fesler, Carl frecedrich, Herman Finner, dan pada dekade 1950an administrasi publik menerima infiltrasi dari bidang ilmu sosial, seperti ilmu politik, ekonomi, psikologi, comparative studies, decesion sciences, dan bisnis.

          Itulah diantaranya alasan mengapa saya mengatakan atau mempunyai sebuah pandangan bahwa konsep POSDCORB tentang prinsip administrasi negara yang dikemukakan oleh Luther Gullick dan Urwick tidak relevan jika diterapkan pada saat sekarang ini.



[1] Simon,Herbert, Administrative Behavior ; a study of decision making procces in adinistrative organization;1947.

No comments:

Post a Comment